IDEN
KNKS Dukung Pengembangan Ekosistem Digital Ekonomi Syariah
02 Agustus 2019

SALATIGA, KNKS - Seminar Nasional Kebangkitan Ekonomi Islam Kedua di Era Revolusi Industri 4.0 dilaksanakan pada Rabu, 31 Juli 2019 bertempat di Hotel Laras Asri Salatiga. Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menyampaikan keynote speech yang diwakili oleh Ahmad Juwaini, Direktur Bidang Keuangan Inklusif, Dana Sosial Keagamaan, dan Keuangan Mikro Syariah.

Menurut Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga, Dr. Anton Bawono, M.Si, acara ini bertujuan mensosialisasikan pentingnya pemanfaatan teknologi dan kolaborasi dalam membangkitkan ekonomi syariah di era 4.0. “Dengan adanya kolaborasi yang holistik dan optimalisasi penggunaan teknologi, akan mendorong kebangkitan ekonomi syariah dalam menghadapi era revolusi industri 4.0”, ungkapnya.

Dalam kesempatan kali ini, Ahmad Juwaini menekankan KNKS berkomitmen mendorong penguatan ekosistem ekonomi syariah digital dengan merangkul seluruh stakeholder untuk berkolaborasi bersama. Lembaga keuangan Islam harus proaktif mengembangkan dan memanfaatkan teknologi digital guna memperkuat layanan dan meningkatkan kinerja sehingga semakin kompetitif dalam persaingan industri keuangan nasional dan global. "Tersedianya layanan keuangan digital juga perlu didukung sektor supply yaitu sektor riil dan industri halal yang kuat," ujar Ahmad Juwaini.

Peserta yang hadir berjumlah 350 orang, terdiri dari mahasiswa, para pelaku industri ekonomi dan keuangan syariah, serta masyarakat umum dari Kota Salatiga, Semarang dan Solo. Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan Roadshow Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI). Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Salatiga bertindak sebagai tuan rumah.

Penulis: Amrial
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya