IDEN
Tingkatkan Mutu Pendidikan Eksyar, KNEKS Jalin Kerjasama dengan AFEBIS
10 Juli 2020

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan 30 Perguruan Tinggi Anggota Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) secara simbolis melalui aplikasi video conference, Selasa (7/7).

Acara ini diikuti oleh seluruh dekan fakultas ekonomi dan bisnis Islam, kepala dan direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia dan perguruan tinggi anggota AFEBIS.

Ketua AFEBIS Achmad Wira mengatakan, bahwa kerja sama dengan KNEKS sudah terjalin cukup lama, dari melibatkan AFEBIS di berbagai seminar, diskusi, bahkan webinar yang diselenggarakan KNEKS sampai ke penyusunan kurikulum ekonomi syariah di perguruan tinggi.

“Hari ini, sekalipun hanya lewat virtual tidak mengurangi rasa khidmat acara penandatanganan PKS, semoga dengan adanya PKS ini dapat meningkatkan mutu di masing-masing fakultas,” ujar Wira.

Adapun isi perjanjian kerja sama ini meliputi, penyusunan draft kurikulum ekonomi syariah, Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) dan kegiatan pengabdian masyarakat atau Kuliah Kerja Nyata secara tematik.

Direktur Pendidikan dan Riset KNEKS Sutan Emir Hidayat mengungkapkan, bahwa KNEKS telah menjadikan AFEBIS sebagai mitra strategis dalam hal pendidikan dan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

KNEKS memiliki tujuan untuk memajukan dan mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia. Maka, dukungan dari berbagai pihak diperlukan, termasuk perguruan tinggi dalam hal ini diwakili oleh AFEBIS.

“Saya merasa optimis bahwa kerjasama ini akan melancarkan niat dan tujuan kita dalam membangun ekosistem ekonomi syariah di Indonesia,” ungkap Emir.

30 perguruan tinggi yang mengadakan PKS dengan KNEKS adalah IAIN Salatiga, IAIN Pontianak, IAIN Pekalongan, IAIN Bengkulu, IAIN Ponorogo, IAIN Manado, IAIN Palopo, IAIN Bukittinggi, IAIN Metro, IAIN Tulungagung, IAIN Kediri, IAIN Surakarta, UIN Lampung, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, IAIN Samarinda, UIN Makassar, UIN Mataram, IAIN Sorong, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, UIN Padang, UIN Bandung, IAIN Palangkaraya, UIN Jambi, UIN Palembang, UIN Banten, IAIN Bone, IAIN Pare-Pare, UIN Surabaya, IAIN Padangsidimpuan dan IAIN Kudus.

Selain acara penandatanganan PKS, dalam kesempatan ini juga diadakan webinar dengan tema Formula Ekonomi New Normal: Perspektif Ekonomi Islam, yang diselenggarakan oleh IAIN Salatiga.

Penulis: Andika, Aldi, Annisa
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya