IDEN
KNEKS dan STEI SEBI Adakan Workshop Peningkatan Kapasitas Peneliti Eksyar
05 Maret 2020

Jakarta, KNEKSInternational Conference and Workshop on Academic Writing and Publication in Islamic and Finance (ICWIEF) 2020 berlangsung pada tanggal 3-4 Maret 2020 di Aula Hotel Sofyan Cut Mutia Jakarta, dan diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia dengan latar belakang akademisi dan praktisi.

Acara secara resmi dibuka oleh Ketua STEI SEBI, Sigit Pramono, Ph.D, CA, CPA. "Pelatihan diharapkan dapat menguatkan pondasi pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, meningkatkan kualitas penelitian ekonomi syariah di Indonesia, mengembangkan metode penelitian yang integratif, serta memberikan pelatihan riset yang efektif dan komprehensif", ujar Sigit. 

Dr. Sutan Emir Hidayat (Direktur Pendidikan dan Riset KNEKS) menyampaikan pentingnya riset ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia dan tingkat global, “Saat ini, Indonesia menduduki posisi ke-2 dalam publikasi riset ekonomi dan keuangan syariah secara global menurut IFDI (Islamic Finance Development Indicator) 2019. Namun Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan negara Malaysia untuk publikasi di jurnal Internasional bereputasi. Acara ini diadakan untuk mengakselerasi jumlah dan kualitas publikasi riset ekonomi dan keuangan syariah Indonesia” papar Emir.

"Indonesia membutuhkan tema riset yang stategis yang selaras dengan prioritas riset nasional (PRN), dan perluasan variasi pusat-pusat riset ekonomi syariah, penguatan spesialisasi pusat-pusat riset, serta kolaborasi kegiatan riset (cross-sectoral) dalam mendukung pertumbuhan industri ekonomi dan keuangan syariah", pungkas Emir.

Sesi pelatihan dalam workshop publikasi dikemas dengan konsep pelatihan yang interaktif. Peserta mendapatkan 8 sesi yang terbagi dalam beberapa kelompok dan didukung oleh coaches yang mumpuni di bidang riset ekonomi dan keuangan syariah.

Prof. Dr. Mohamad Akram Laldin (ISRA Malaysia) berkesempatan menjadi International Keynote Speaker yang ahli dalam bidang riset ekonomi Islam. Selain itu, Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag (Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI) turut hadir sebagai National Keynote Speaker. Dr. Oni Sahroni (DSN-MUI), dan Dr. Noor Malihah (Editor IJIMS-Q1 Scopus) turut hadir sebagai pembicara ahli.

Penulis: Nur Nicken Antarristy, Halimah, Annissa Permata
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya