IDEN
Indonesia Akan Menggelar Halal Industries Summit 2020
10 Maret 2020

JAKARTA - Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin memimpin Rapat Terbatas persiapan Halal Industries Summit 2020 di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (4/3/2020) yang turut dihadiri oleh Direktur Eksekutif KNEKS didampingi Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah & Industri Halal dan Direktur Hukum, Promosi dan Hubungan Eksternal .

Rapat juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Agama Fachrul Razi, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Wakil Menteri Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartiko Wirjoatmodjo, Wakil Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida, dan Kepala Badan Penyelengggara Jaminan Produk Halal Soekoso.

Wapres menuturkan bahwa kegiatan HIS 2020 yang bertajuk “Promoting Halal Industries for Global Prosperity” ini, adalah forum halal internasional pertama di dunia yang bersifat antar-pemerintah (Inter-Governmental meeting) dan sepenuhnya bersifat business events, serta diawali dengan rangkaian kegiatan Pre-HIS, seperti ISEF yang dikoordinasikan Bank Indonesia sebagai vocal point. Sementara HIS 2020 diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri.

Acara ini dapat menciptakan branding Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah global.  Arah pengembangan ekonomi syariah di Indonesia ialah transformasi Indonesia sebagai konsumen menjadi produsen dunia.Dengan demikian, pergerakan ekonomi ini dapat mendatangkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Upaya tersebut dilakukan melalui pengembangan industri halal sebagai pusat produktivitas, kreativitas, dan sumber kesejahteraan.

HIS 2020 akan mengangkat beberapa tema besar, diantaranya Global Halal Value Chain, Penguatan Sektor Keuangan Syariah, Penguatan Sektor UMKM, Penguatan Ekonomi Digital. "Kita juga akan mengembangkan, membahas soal-soal strategi nasional tentang pengembangan ekonomi syariah dan juga tentang ekosistem ekonomi syariah. Dan kita juga ingin menonjolkan produk-produk keuangan syariah yang mungkin belum ada di dunia. Misalnya Bank Wakaf Mikro dan juga BMT. Ini hal-hal yang penting," pungkas Wapres.

Halal Industries Summit 2020 akan diselenggarakan pada tanggal 1-2 November 2020 dan menjadi serangkaian acara dengan 7thIndonesia Sharia Economy Festival (27-30 Oktober 2020).

Penulis: Khairana Izzati
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya