IDEN
SDM Unggul Sangat Penting Bagi Industri Halal
02 Maret 2020

JAKARTA, KNEKS – Mengembangkan SDM Unggul menjadi salah satu kunci utama pengembangan  industri halal. Fokus pemerintah membangun SDM unggul guna mendorong kualitas produk dan pelayanan dalam ekosistem bisnis di Indonesia terutama pada Industri halal.  

“KNEKS melalui Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia memiliki strategi pembangunan SDM untuk wujudkan ekosistem ekonomi Syariah di negeri ini. Terutama, dalam membangun Ekosistem Industri Halal di Indonesia diperlukan adanya kualitas kompetensi SDM yang baik,” Jelas Afdhal.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Strategic Planning Head Division BNI Syariah,  M. Misbahul Munir. Menurutnya, dalam mempersiapkan ekosistem industri halal di Indonesia diperlukan dukungan dari kualitas SDM yang baik. Munir menyampaikan bahwa terdapat 3 prinsip pembangunan SDM (people development) yaitu Heart, Head, dan Hand.

“Pembangunan SDM unggul sejalan dengan visi pemerintah yang tercantum di dalam RPJMN 2019-2024. Pendekatannya terlebih dahulu dari hati (heart) yaitu satukan tujuan untuk bertakwa kepada Allah, Tuhan YME. Kemudian, penuhi dengan pengetahuan dan ilmu (head) serta lengkapi dengan kemampuan/skill spesifik pada industri tertentu  (hands). Hal itu bisa ditempuh dengan sertifikasi profesi serta kemampuan spesifik tertentu,” Jelas Munir.

Afdhal kembali menjelaskan bahwa pengembangan SDM Unggul dapat dilakukan melalui Saluran Edukasi SDM. Diantaranya dengan menyisipkan program materi keuangan dan ekonomi Syariah (Industri halal) ke dalam kurikulum Pendidikan, Standardisasi profesi melalui penyediaan SKKNI,  Sosialisasi ekonomi syariah sebagai lifestyle, dan melalui atraksi atau events.

Selanjutnya Afdhal juga sampaikan bagaimana teknologi dapat berperan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan khususnys di industry halal. “Perkembangan teknologi perlu dimanfaatkan dalam halal pengelolaan administrasi, proses pemasaran dan penyebaran informasi, customers profiling, serta dalam menetapkan langkah strategis berdasarkan data yang ada. Hal ini bisa menjadikan proses bisnis yang lebih efisien dan meningkatkan kualitas pelayanan,” Pungkas Afdhal.  

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNEKS, Afdhal Aliasar, di acara seminar  3rd International Islamic Healthcare Expo 2020 (IHEX 2020) di Jakarta Convention Center (27/02/2020). Dalam kesempatan tersebut turut hadir narasumber lainnya dari BNI Syariah dan BKKBN menyampaikan pentingnya kualitas pembangunan SDM dalam industri pelayanan kesehatan syariah.

Penulis: Khairana Izzati
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya